PEKAN EDUKASI EKONOMI, KEUANGAN DAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA

(Sun 04 September 2016)

Suryalaya, Minggu (04/09/2019). Dalam rangka memeriahkan MILAD Pondok Pesantren Suryalaya yang ke-111, pada Hari Minggu 04 September 2016 Pondok Pesantren Suryalaya melalui Kampus Latifah Mubarokiyah yaitu IAILM dan STIE Latifah Mubarokiyah dan Lembaga Usaha Perdesaan Pondok Pesantren suryalaya bekerja sama dengan BANK INDONESIA JAWA BARAT menyelenggarakan kegiatan pelatihan & lokakarya.

Acara dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB bertempat di Gedung Serba Guna Sukriya Bakti dan Gedung Aula mini Tarminah Bakti Kampus Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya.

Di Gedung Serba Guna Sukriya Bakti dilaksanakan kegiatan PELATIHAN EKONOMI, KEUANGAN DAN KEWIRAUSAHAAN SYARIAH. Kegiatan diikuti oleh sekitar 400 peserta yang terdiri dari para calon sarjana yang sedang mengikuti Pesantren Sarjana, perwakilan dari 40 pesantren binaan BI, para kepala perwakilan BI Se-Jawa dan civitas akademika Kampus Latifah Mubarokiyah.

Adapun materi dan nara sumber dalam pelatihan ini antara lain :

  • Pelatihan Ekonomi dan Keuangan Syariah
    1. Perspektif Agama : M. Hasanuddin, M.Ag.
    2. Perspektif Industri Keuangan : Asep Ghofir Ali, MM.
  • Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai dengan Nara Sumber dari Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya
  • Pelatihan Kewirausahaan Syariah
    1. Perspektif Motivator : Bp. Kusnadi Ikhwani
    2. Perspektif Pelaku Usaha : Gazan Azka Ghafara




Sementara di Gedung Aula mini Tarminah Bakti dilaksanakan kegiatan LOKAKARYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT "Usaha Penggemukan Sapi". dengan Nara Sumber dan Kusnadi Ikhwani sebagai motivatornya. Kegiatan diikuti oleh sekitar 150 peserta dari kalangan peternak sapi dari beberapa kedusunan.
Adapun materi lokakarya ini antara lain :

  • Pelatihan Motivasi Kewirausahaan Syariah
  • Pelatihan Teknis Penggemukan Sapi




Pukul 11.00 WIB Peserta Pelatihan dari rombongan BI sekitar 60 orang, berangkat menuju Pondok Pesantren Suryalaya untuk melaksanakan kegiatan Saresehan dengan Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya.
Rombongan tiba di madrasah dan disambut langsung oleh Pengemban Amanah Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya KH. Zaenal Abidin Anwar. Setelah acara penyambutan, para peserta melaksanakan diskusi dengan Pihak Pondok Pesantren yang bertempat di Serambi Mesjid Nurul Asror sampai dzuhur.