IDUL FITRI 1437 H DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA

(Wed 06 July 2016)

suryalaya (06/07/2016). Gema Takbir mengumandangkan kebesaran dan pujian kepada Allah Yang Maha Suci, tak henti-hentinya terdengar semenjak bada shalat Isya hingga menjelang dilaksanakannya shalat sunat Idul Fitri. Para santri, Ikhwan yang tinggal tidak jauh dari komplek pesantren hingga anak-anak telah memenuhi mesjid Nurul Asror, duduk bersila di depan microphone untuk bertakbir, bertahmid, bertasbih serta bertahlil. Sebuah ungkapan rasa syukur karena telah melewati bulan Ramadhan dengan mengisi siang maupun malamnya dengan shaum, shalat, sahur, sabar, sodaqoh dan yang paling utama dengan dzikrullah.





Pelaksanaan shalat sunat Idul Fitri 1 Syawal 1437 H yang bertepatan dengan tanggal 6 Juli 2016 dilaksanakan di Mesjid Nurul Asror sekitar pukul 06.00 WIB. Dimana sebelumnya dilaksanakan terlebih dahulu shalat sunat Isyroq, isti-adzah, dan Istikhoroh. Para jamaah yang tidak mendapatkan tempat di dalam mesjid harus merelakan dirinya menggelar sajadah di halaman mesjid atau di depan madrasah.



Usai melaksanakan shalat, dengan tertibnya para jamaah bersalaman sambil bermaaf-maafan hingga tak sadari air matapun menetes membasahi pipi. Di hari ini tak ada lagi dendam, kedengkian serta sengketa. Dengan lapang dada serta kebesaran hati memaafkan semua kesalahan yang telah dilakukan. Sementara itu para jamaah yang berada di luar mesjid lebih dulu membuat antrian di depan madrasah untuk bermushofahah dengan Pengemban Amanah, Pangersa Umi dan Keluarga Pangersa Abah Anom dan ada juga yang langsung berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom. Sedikit demi sedikit Ikhwan lainnya pun berdatangan, dengan pakaian baru dan bersih merekapun berharap semoga di hari ini semua kesalahan yang telah dilakukan pada waktu yang lalu baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia dapat dihapuskan serta dimaafkan oleh Allah Yang Maha Pengampun melalui berkah serta karomah guru Mursyid, Syaikh K.H. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra.(Abah Anom)











SEGENAP PENGURUS SEKRETARIAT DAN BAITUL MAAL PONTREN SURYALAYA MENGUCAPKAN
"SELAMAT IDUL FITRI 1437 H"