PELAKSANAAN ZAKAT FITRAH TAHUN 1436 H DAN PEMBERIAN SANTUNAN KEPADA ANAK YATIM SERTA JOMPO

(Sat 11 July 2015)

Suryalaya (11/07/2015). Sungguh tak terasa, kurang lebih telah 3 minggu lamanya kita melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan. Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Salah satu kewajiban sebagai seorang muslim sebelum menjelang hari Raya Idul Fitri tiba ialah mengeluarkan Zakat Fitrah. Tujuan dikeluarkannya Zakat Fitrah ini ialah untuk mensucikan jiwa/diri seorang muslim dari dosa-dosa yang pernah ia lakukan selama satu tahun yang lalu. Di Pondok Pesantren Suryalaya pengeluaran Zakat Fitrah itu dilaksanakan pada hari Sabtu (11/07/2015) dari pukul 06.00 WIB menjelang dzuhur yang bertempat di halaman Kantor Baitul Maal Pontren Suryalaya.
Adapun jumlah yang dikeluarkan untuk Zakat Fitrah tahun ini sesuai dengan keterangan dari Desa Tanjungkerta yaitu 2,5 kg (dalam beras) atau Rp. 22.500. (dalam uang), setelah terkumpul semuanya kemudian Zakat Fitrah tersebut dibagikan kepada yang berhak menerimanya. Adapun Petugas amilin dari unsur pemerintahan yaitu dari pihak RT 01, dimana ke-RT-an Pondok berada.





Selain pelaksanaan Zakat Fitrah, pagi itu pun Baitul Maal melaksanakan kegiatan "SANTUNAN BAGI ANAK YATIM DAN JOMPO" yang berada di sekitar Pondok Pesantren Suryalaya. Kegiatan ini untuk menyampaikan amanah dari para ikhwan/akhwat yang menitipkan ke Baitul Maal.