PERINGATAN HARI PENDIDIKAN FORMAL PONDOK PESANTREN SURYALAYA (HARDIKSUR)

(Mon 08 September 2014)

Suryalaya(Senin, 08/09/2014) Peringatan Hari Pendidikan Formal Pondok Pesantren Suryalaya atau lebih dikenal dengan HARDIKSUR ini selalu diperingati setiap tanggal 1 Agustus dalam setiap tahunnya. Pada Tahun ini dikarenakan tanggal 1 Agustus masih dalam waktu libur sekolah, sehingga Peringatan kali ini yang memasuki usia ke-53 baru dilaksanakan hari ini. Tak heran kalau Peringatan Hari Pendidikan Formal Pondok Pesantren Suryalaya ini dirayakan dengan begitu meriah yang di ikuti oleh seluruh komponen Lembaga Pendidikan Formal yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya mulai dari sekolah-sekolah sampai perguruan tingginya diantaranya PAUD & KOBER HJ. EUIS SITI RU’YANAH, MTs, SMPI, SMA, SMK PLUS YSB, MA Serba Bakti, STIE-LM dan IAILM Pondok Pesantren Suryalaya dan beberapa tamu kehormatan seperti KH. Zaenal Abidin Anwar (Pengemban Amanah Pontren Suryalaya), R. H. Bobon Setiadji Bustom (Ketua III Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya) Dr. Yayan Sunarya, M.Si. (Kepala Bidang Pendidikan YSB Pontren Suryalaya), serta tamu yang lainnya.

Dalam Peringatan Hari Pendidikan Formal Pondok Pesantren Suryalaya ini R. H. Bobon Setiadji Bustom (Ketua III Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya) turun sebagai Pembina Upacara Pertama. Adapun Pembina Upacara yang kedua yaitu KH. Zaenal Abidin Anwar (Pengemban Amanah Sesepuh Pontren Suryalaya) yang sekaligus memberikan sambutannya.




Upacara Peringatan Hari Pendidikan Suryalaya

Berbagai macam kegiatan telah dipersiapkan demi kelancaran dan suksesnya peringatan kali ini, seperti Pengibaran Bendera Merah Putih sebagai lambang rasa cinta kepada bangsa Indonesia. Pengibaran Bendera Merah Putih ini dinaikan langsung oleh Pasukan Pengibar Bendera atau lebih dikenal dengan PASKIBRA. Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih ini campuran dari beberapa sekolah yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya.

Peringatan ini sebagai sujud syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semuanya yakni nikmat Iman, Islam dan Ihsan. Apabila kita menghitung nikmat tersebut, tentunya tidak akan terhitung nilainya. Oleh karena itu, semua nikmat yang Allah berikan mesti di syukurinya agar nikmat tersebut bertambah. Di jelaskan dalam Al-Quran Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat Pedih”.

Acara ini diakhiri dengan beberapa pengumuman kejuaraan dan prestasi-prestasi yang telah di raih oleh masing-masing sekolah serta tak kalah serunya lagi hiburan dari masing-masing sekolah yang menampilkan beberapa kreasi seninya seperti Drum Band, Teather, Tari, Takewondo dan lain sebagainya.


Persembahan anak-anak TK
(permainan Holla Hoop)
Drum Band persembahan dari siswa/i SMPI Serba Bakti Suryalaya
Tari Japong persembahan dari siswa/i SMU Serba Bakti Suryalaya
Taekwondo persembahan dari siswa/i SMK PLUS YSB Suryalaya
Tari Kolosal persembahan dari siswa/i MA Serba Bakti Suryalaya
Dance persembahan dari siswa/i MTs Serba Bakti Suryalaya