MANAQIB BULAN JUMADIL AWWAL 1435 H

(Thu 13 March 2014)

Suryalaya, Selasa (12/03/2014) Memasuki bulan Jumadil Awal 1435 H. Pondok Pesantren Suryalaya kembali dipadati oleh Ikhwan/Akhwat Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya yang ingin mengikuti pengajian bulanan yaitu pengajian amaliyah manaqib yang pada kesempatan kali ini bertepatan dengan tanggal 13 Maret 2014.

Selasa sore, Pondok Pesantren Suryalaya kembali diguyur hujan deras, walaupun hujan terasa deras sehingga badan kita terasa dingin, semua itu tidak mematahkan semangat Ikhwan/Akhwat Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya untuk mengikuti pengajian amaliyah manaqib. Sebagian Ikhwan/Akhwat dari berbagai daerah mulai berdatangan, bahkan Ikhwan/Akhwat dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia jauh-jauh hari sebelumnya sudah berada di Pondok Pesantren Suryalaya.

Menjelang pelaksanaan shalat maghrib, Ikhwan/Akhwat mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah, dzikir dan khotaman sampai menjelang shalat isya.

Rabu (13/03/2014) Pagi harinya setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah dan dzikir, dilanjutkan dengan acara kuliah subuh yang pada kesempatan ini disampaikan oleh KH. Ahmad Athorid Siraj (Wakil Talqin dari Pamekasan-Madura sampai menjelang shalat sunat isyroq, isti’adah dan istikhoroh.

Setelah itu, sebagian ikhwan/akhwat menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Pangersa Umi dan H. Baban Ahmad Jihad, SB. Ar walaupun harus antri sambil berdesak-desakan dan ada juga yang ziarah ke Maqom Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad (Abah Sepuh) dan Syekh A. Shohibulwafa Tajul ‘Arifin (Abah Anom). Selain itu, seperti biasa selalu diadakan acara parasan bayi terlebih dahulu yang di pimpin langsung oleh KH. Sandisi.



Acara Parasan Bayi
Ikhwan bersilaturahmi dengan Pangersa Umi
Sebagian Ikhwan yang berziarah ke Makam Abah Sepuh dan Abah Anom


Sebelum acara amaliyah manaqib dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan pelantikan pengurus Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya yang ada diberbagai daerah, pada kesempatan kali ini bagian Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Perwakilan Kabupaten Bandung Barat Propinsi Jawa Barat dan Perwakilan Kabupaten Kapuas Hulu Propinsi Kalimantan Barat masa bakti 2014-2019.



Acara Pelantikan Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Perwakilan Kabupaten Bandung Barat dan Perwakilan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat


Shalawat Bani Hasyim pun dimulai, pertanda bahwa pelaksanaan amaliyah manaqib akan segera dimulai. Sebelum dimulai, KH. Sandisi memimpin majlis do’a terlebih dahulu yang dikhususkan untuk keluarga Pangersa Abah (alm), untuk kemashlahatan dunia dan akhirat, yang sedang sakit dan yang telah meninggal dunia.

Selanjutnya, acara khidmat amaliyah manaqib di mulai dengan susunan acara dari mulai Pembacaan Ayat Suci Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Wahid, Pembacaan Tanbih disampaikan oleh KH. Rief Ichwanie, Pembacaan Tawasul oleh KH. Aah Zaenal Aripin dan Pembacaan Manqobah oleh KH. Thohir Abdul Qohir, dilanjutkan dengan Khidmat Ilmiyah Manaqib yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Hj. Mohd. Zuki As Syuzak (Wakil Talqin dari Malaysia).



ikhwan/akhwat yang mengikuti amaliyah manaqib