MANAQIB BULAN RABIUL AWAL 1435 H DAN SILATURAHMI MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA KE PONDOK PESANTREN SURYALAYA SENIN, 13 JANUARI 2014 M / 11 RABIUL AWAL 1435 H

(Mon 13 January 2014)

Bulan ini bertepatan dengan bulan Rabiul Awwal, bulan dimana dilahirkannya Junjunan Kita Habibana Wanabiyana Muhammad Saw. Oleh karena itu marilah kita memperbanyak membaca sholawat baik bersama-sama maupun sendiri-sendiri, sebelum atau sesudah kita sholat yang menandakan bahwa kita Mahabbah dan Hidmat kepada Beliau Jungjungan kita Nabi Muhammad Saw. Mudah-mudahan dengan memperbanyak sholawat dan salam yang terlimpah kepada beliau meskipun kita sadar bahwa kita banyak sekali kesalahan dan dosa, semoga kita mendapat syafa’at dari Habibana Wanabiyana Muhammad SAW. Amiin Ya Robbal 'Alamiin.

Bulan Maulid merupakan bulan yang paling banyak dikunjungi oleh Ikhwan TQN Suryalaya. Sejak tanggal 1 Rabiul Awwal setiap harinya banyak yang datang untuk berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom. Sekitar mulai hari Jum'at (3 hari hari selebum Manaqib) intensitas para ikhwan yang datang untuk berziarah semakin banyak. Sehari sebelum Manaqib banyak Ikhwan dari dalam maupun luar negeri sudah mulai berdatangan ke Suryalaya untuk mengikuti Manaqib.

Senin (13/01/2014). Setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah para ikhwan mengikuti acara Kuliah Subuh yang disampaikan oleh H. Aang Abdullah Zein, S.Pd.I. Beliau menyampaikan seputar Bulan Rabiul Awal atau yang sering disebut Bulan Maulid.
Sebelum acara Amaliyah Manaqib dimulai, di lantai atas Mesjid Nurul Asror dilaksanakan kegiatan parasan untuk bayi dari ikhwan-ikhwan yang ingin mengambil barokah manaqib di Suryalaya.
Manaqib dimulai oleh KH. Sandisi mengawali acara Manaqib dengan membacakan Barokah Fatihah yang dikhususkan kepada Guru Mursyid kita Syaikh KH. Ahmad ShohibulWafa Tajul Arifin r.a. (Abah Anom), untuk seluruh Keluarga Abah Sepuh dan Abah Anom serta untuk seluruh ikhwan/akhwat yang mempunyai niat/hajat.

Adapun rangkaian Amaliyah Manaqib disampaikan oleh :
1. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dilanjutkan dengan Pembacaan Sholawat disampaikan oleh Ustadz Abdul Wahid
2. Pembacaan TANBIH disampaikan oleh Drs. KH. Arief Ichwanie AS.
3. Tawassul disampaikan oleh KH. Aah Zaenal Arifin
4. Manqobah disampaikan oleh KH. Thohir Abdul Qohir

Adapun Khidmat Ilmiah Manaqib pada bulan ini disampaikan oleh KH. Wahfiudin, MBA. (salah seorang Wakil Talqin TQN Pontren Suryalaya)




Suasana Parasan
Ikhwan/Akwat yang mengukuti Amaliyah Manaqib



Sekitar pukul 09.00 WIB Rombongan Menteri Agama Republik Indonesia Bapak Drs. H. Suryadharma Ali, M.Si. tiba di Suryalaya, Beliau langsung diterima oleh Pimpinan Pondok KH. Zaenal Abidin Anwar dan langsung menuju madrasah untuk istirahat.
Tidak lama berselang, Pak Menteri pun menuju Mesjid Nurul Asror lantai atas untuk bersilaturahmi dengan para ikhwan/akhwat sekaligus menyampaikan Tausiyahnya.
Setelah sekitar pukul 10.30 WIB Tausiyah dari Pak Menteri pun selesai, Beliau langsung menuju ke Madrasah untuk bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Pondok Pesantren Suryalaya.
Rombongan Pak Menteri meninggalkan Pondok Pesantren Suryalaya sekitar pukul 11.30 WIB.




Rombongan Pak Menteri tiba di Suryalaya
Pak Menteri sedang menyampaikan Tausiyah
Pak Menteri diantara para ikhwan yang ingin bersilaturahmi langsung meninggalkan Suryalaya