“NERBANG” ACARA RUTIN TAHUNAN YANG DIADAKAN DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA DALAM MENYAMBUT BULAN RABIUL AWAL

(Fri 03 January 2014)

Suryalaya(02/01/2014). Berbeda dengan hari biasanya, memasuki bulan Rabiul Awal, setiap tahun sekali di Pondok Pesantren Suryalaya selalu diadakan acara nerbang. Nerbang merupakan salah satu tradisi yang ada di Pondok Pesantren Suryalaya. Nerbang pada hari pertama dibulan Rabiul Awal disebut dengan istilah Mapag Bulan (Menyambut Bulan).
Nerbang kali ini bertempat di Serambi Mesjid Nurul Asror, dilaksanakan setelah Isya mulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Sekitar pukul 20.30 WIB Suara tabuh nerbang mulai dibunyikan, suaranya yang keras begitu indah, sangking suaranya yang keras, hingga Ikhwan/Akhwat disekitar komplek Pondok Pesantren Suryalaya pun bisa mendengarkannya. Selain itu juga banyak Ikhwan/Akhwat yang berada disekitar komplek Pondok Pesantren Suryalaya yang menyediakan makanan ringan untuk para penabuh nerbang.

Acara nerbang ini dimulai dari membaca berjanji terlebih dahulu, dilanjutkan dengan nerbang, di acara nerbang ini semuanya ada 5 babak dan 2 babak untuk istirahat. Acara ini berlangsung di Serambi Mesjid Nurul Asror. Suasana malam pada waktu itu pun begitu indah, ditambah dengan tabuhan nerbang. Pada pukul 23.00 WIB acara nerbang pun selesai.