SEMINAR LINGKUNGAN HIDUP DAN NONTON BARENG FILM DOKUMENTER “FLORA DALAM BUDAYA SUNDA”

(Sat 24 November 2012)

Suryalaya.Pada hari Sabtu yang bertepatan pada tanggal 24 Nopember 2012, Perwakilan Daerah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (BAPEDA Fakultas Syariah IAILM) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Univesitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) Bandung menyelenggarakan seminar. Seminar tersebut bertema “Lingkungan Hidup dan Nonton Bareng Film Dokumenter “Flora Dalam Budaya Sunda” (ngaronjatkeun kasadaran jeung malire alam sunda) yang bertempat di Kampus Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya, Tasikmalaya. Dengan dihadiri oleh para mahasiswa Fakultas Syariah IAILM dan para tamu undangan perwakilan dari tiap sekolah setingkat SMA yang berada di sekitar kampus IAILM.

Seminar ini dibawakan oleh 4 orang narasumber, diantaranya :
1. Dr. Chye Retty Isnandes, M. Hum., beliau menjelaskan mengenai lingkungan hidup dalam perspektif falsafah sunda,
2. Dr. Asep salahudin, MA., menjelaskan mengenai lingkungan hidup dalam literasi tasawuf,
3. Drs. Andri Ardiansyah, MA. membahas tentang pendidikan lingkungan hidup : Reevaluasi, dan
4. H. Jamaludin, MA., menjelaskan mengenai perspektif syariah tentang lingkungan.



Seminar Lingkungan Hidup dan Nonton Bareng


Film dokumenter tersebut memberikan gambaran bahwa selain flora merupakan salah satu kearifan lokal atau kearifan tradisional, juga mencerminkan keberagaman lingkungan hidup yang artinya betapa banyaknya jenis-jenis dari flora itu sendri yang hidup di lingkungan kita. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan kearifan lokal atau kearifan tradisional itu bisa membuat jati diri kita lebih tangguh.

Kegiatan ini mempunyai tujuan yakni agar kita tersadar bahwa betapa pentingnya melestarikan lingkungan hidup bagi kehidupan manusia. Itu bisa dilakukan dimulai dari diri kita sendiri, dari yang terkecil.














KULIAH UMUM DAN PENANDATANGANAN NASKAH KERJASAMA
IAILM DENGAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG



Dihari yang sama (Sabtu,24/11/12), sekitar pukul 13.00 WIB acara Kuliah Umum dan Penandatanganan Naskah Kerjasama IAILM Pontren Suryalaya dengan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dilaksanakan di Gedung Serba Guna Sukriya Bakti Kampus Latifah Mubarokiyah.

Acara tersebut dihadiri olah Mahasiswa dan civitas akademika IAILM. Acara dimulai dengan Kuliah Umum yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Dedy Ismetullah, SH., M.Hum (Rektor UIN SGD Bandung) dengan tema : “Pembangunan Masyarakat Madani Melalui Pemahaman dan Kesadaran Konstitusi”. Setelah selesai baru acara Penandatangan Naskah Kerjasama antara IAILM dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilaksanakan.



Kuliah Umum oleh Prof. Dr. H. Dedy Ismetullah, SH., M.Hum.
Suasana Penandatanganan Naskah Kerjasama IAILM dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung