KULIAH UMUM SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA

(Mon 01 October 2012)

Kuliah Umum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah Pontren Suryalaya


Suryalaya (30/09/2012),Mengawali Perkuliahan di Tahun Akademik 2012/2013 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah (STIE-LM) Pondok Pesantren Suryalaya mengadakan Kuliah Umum yang bertemakan tentang “Urgensi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan” dengan narasumber Prof. Dr. Engkus Kuswarno, beliau menjabat sebagai Pembantu Rektor 1 di Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan ini merupakan kuliah umum perdana sebagai awal aktifnya masa perkuliahan.

Beliau tiba di Pondok Pesantren Suryalaya pada pukul 10.15 WIB. Beliau datang ke Pondok Pesantren Suryalaya ini karena di undang oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah (STIE-LM) Pondok Pesantren Suryalaya untuk mengisi materi pada kuliah umum sekaligus bersilaturahmi dengan pihak pesantren. Kuliah Umum ini di ikuti oleh Dosen-dosen beserta Mahasiswa/Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya yang tempat pelaksanaannya di Aula Mini.

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan tentang :

KONSEP PEMBERDAYAAN
1.Pemberdayaan digunakan pertama kali oleh aktivis Gerakan Black panther dalam mobilisasi politik di USA pada 1960-an.
2.Pada pertengahan 1980-an, Gerakan Kaum Wanita mempopulerkan kembali konsep pemberdayaan (misalnya feminisme).
3.Istilah “pemberdayaan” telah menjadi suatu kata plastis, yang di gunakan dalam berbagai konteks, sehingga mengaburkan makna yang sebenarnya (Aithai Vathsala. 2005:2).

CITRA PEMBERDAYAAN
1.Memberi manfaat baik kepada pihak yang memberi kuasa maupun kepada pihak yang mendapat kuasa. Tipe inilah yang disebut sebagai pemberdayaan (empowerment).
2.Kekuasaan di dapat oleh pihak yang sebelumnya tidak berkuasa melalui perjuangan sendiri. Hal ini disebut sebagai “self-empowerment” atau pemberdayaan sendiri.

PENDIDIKAN TINGGI
Pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, program profesi, serta program spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa indonesia (UU No. 22 Tahun 2012. Pasal 1 Butir 2).

JENIS PERGURUAN TINGGI
1.Pendidikan Akademik merupakan Pendidikan Tinggi program sarjana dan/atau program pascasarjana yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
2.Pendidikan Vokasi merupakan Pendidikan Tinggi program diploma yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan sampai program sarjana terapan.
3.Pendidikan Profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Demikianlah uraian materi yang disampaikan beliau pada Kuliah Umum yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah (STIE-LM) Pondok Pesantren Suryalaya.

Selesai mengisi Kuliah Umum, beliau langsung beranjak menuju madrasah untuk bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Pondok Pesantren Suryalaya. Beliau disambut oleh H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. (Sekretaris Pontren Suryalaya).

Selama di madrasah, H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. berbincang-bincang dengan tamu tersebut mengenai pendirian Universitas Latifah Mubarokiyah (ULAMA) yang masih dalam proses dan mohon dukungan juga dari berbagai pihak khususnya dari Prof. Dr. Engkus Kuswarno sehingga pendirian ULAMA ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh almarhum Pangersa Abah.