MANAQIB BULAN RABIUL AWWAL 1433 H

(Sun 05 February 2012)

Suryalaya (03/02/2012) Memasuki bulan Rabiul Awal 1433 H. Pondok Pesantren Suryalaya kembali dipadati oleh Ikhwan/Akhwat Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya yang ingin mengikuti pengajian bulanan yaitu pengajian amaliyah manaqib yang pada kesempatan kali ini bertepatan dengan tanggal 04 Februari 2012.

Jum’at sore, Pondok Pesantren Suryalaya kembali diguyur hujan deras, walaupun hujan terasa deras sehingga badan kita terasa dingin, semua itu tidak mematahkan semangat Ikhwan/Akhwat Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya untuk mengikuti pengajian amaliyah manaqib. Sebagian Ikhwan/Akhwat dari berbagai daerah mulai berdatangan sebelum pelaksanaan shalat jum’at, bahkan Ikhwan/Akhwat dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia jauh-jauh hari sebelumnya sudah berada di Pondok Pesantren Suryalaya.

Menjelang pelaksanaan shalat maghrib, Ikhwan/Akhwat mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah, dzikir dan khotaman sampai menjelang shalat isya.
Setelah melaksanakan shalat isya, dzikir dan khotaman, Ikhwan/Akhwat bergegas menuju ke kampus untuk mengikuti acara Majlis Khidmat Tabaruk Miftahusshudur (MKTM). Adapun acaranya diantaranya kajian kitab Mifatahusshudur (karangan Pangersa Abah Anom) yang disampaikan oleh KH. Moh. Sholeh dan dilanjutkan dengan kajian Ilmiyah yang berhubungan dengan masalah Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah (TQN) oleh KH. M. Abdul Gaos SM. .

Acara Pelantikan

Sabtu (04/02/2012) Pagi harinya setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah dan dzikir, dilanjutkan dengan acara kuliah subuh yang pada kesempatan ini disampaikan oleh KH. Moh. Sholeh sampai menjelang shalat sunat isyroq, isti’adah dan istikhoroh.

Setelah itu, sebagian ikhwan/akhwat menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Pangersa Umi dan H. Baban Ahmad Jihad, SB. Ar walaupun harus antri sambil berdesak-desakan dan ada juga yang ziarah ke Maqom Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad (Abah Sepuh) dan Syekh A. Shohibulwafa Tajul ‘Arifin (Abah Anom). Selain itu, seperti biasa selalu diadakan acara parasan bayi terlebih dahulu yang di pimpin langsung oleh KH. Sandisi.

Penyerahan Laptop
Acara Pelantikan Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Perwakilan Kota Palembang, Kabupaten Kotabumi dan Kabupaten Brebes

Sebelum acara amaliyah manaqib dimulai, terlebih dahulu penyerahan 5 unit laptop kepada para pemenang presentasi power point dan peralatan marawis yang diserahkan oleh KH. Zaenal Abidin Anwar. Para pemenang semuanya dari Mahasiswa Fakultas Dakwah IAILM. Kegiatan ini diadakan di lingkungan kampus IAILM dan STIE-LM oleh KH. Wahfiudin, MBA bekerjasama dengan Pusat Bahasa Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya.

Selanjutnya, Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya mengadakan pelantikan pengurus Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya yang ada diberbagai daerah, pada kesempatan kali ini bagian Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Perwakilan Kota Palembang Propinsi Sumatera Selatan, Perwakilan Kabupaten Kotabumi Lampung Utara dan Perwakilan Kabupaten Brebes Jawa Tengah masa bakti 2012-2017.

Shalawat Bani Hasyim pun dimulai, pertanda bahwa pelaksanaan amaliyah manaqib akan segera dimulai. Sebelum dimulai, KH. Sandisi memimpin majlis do’a terlebih dahulu yang dikhususkan untuk keluarga Pangersa Abah (alm), untuk kemashlahatan dunia dan akhirat, yang sedang sakit dan yang telah meninggal dunia.

Selanjutnya, acara khidmat amaliyah manaqib di mulai, dipimpin oleh KH. Abdullah Syarif (Akeh) dengan susunan acara dari mulai Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Tanbih, Tawasul dan Pembacaan Manqobah, dilanjutkan dengan Khidmat Ilmiyah Manaqib yang pada kesempatan ini disampaikan oleh KH. Zezen Zaenal Abidin BA.