PERESMIAN MUSEUM MESJID BAITUL AKHFA - BOGOR

(Mon 16 January 2012)

Bogor (15/01/2012). Keluarga Besar Pondok Pesantren Suryalaya beserta rombongan berangkat menuju Bogor, tepatnya di Kampung Tanah Baru RT 03/06 Desa Waringin Jaya, Kec. Bojong Gede – Bogor. Sungguh menjadi tempat yang sangat bersejarah, karena di tempat ini akan diresmikan Museum Mesjid Baitul Akhfa yang semula merupakan Rumah Pangersa Abah Anom. Setelah direnovasi, maka rumah Pangersa Abah Anom ini dialih fungsikan penggunaannya menjadi Museum Mesjid Baitul Akhfa.
Sekitar Pukul 08.00 WIB, Mesjid Baitul Akhfa dipadati oleh para jamaah yang berasal dari berbagai daerah yang akan mengikuti Pengajian Manakib. Setelah semuanya memasuki mesjid, tak lama kemudian, MC pun membacakan susunan acaranya yang terdiri dari Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Tanbih, Tawasul dan Mankobah, dilanjutkan dengan khidmat ilmiyah yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Drs. KH. Wahfiudin, MBA.


Setelah acara manakib selesai, kemudian dilanjutkan dengan Peresmian Renovasi Rumah Pangersa Abah Anom yang Berfungsi Sebagai Museum Mesjid Baitul Akhfa. Tapi sebelum itu, Pangersa Umi beserta keluarga mulai memasuki tempat yang sudah disediakan oleh panitia sambil di iringi grup marawis.

Setelah semuanya berkumpul, MC pun mulai membacakan susunan acaranya yang terdiri dari Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Tanbih dan Tawasul, dilanjutkan dengan sambutan- sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh KH. Zaenal Abidin Anwar (Pengemban Amanah Pondok Pesantren Suryalaya) dilanjutkan oleh H. Rahman Qutub (Ketua YSB Perwakilan Kab. Bogor). Setelah itu acara di tutup dengan Do’a oleh H. Asep Samsurizal Hudaya, S. Ag., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan Peresmian Renovasi Rumah Pangersa Abah Anom yang Berfungsi Sebagai Museum Mesjid Baitul Akhfa yang diresmikan oleh Hj. Yoyoh Sopiah (Pangersa Umi). Sekitar Pukul 11.30 WIB acara pun selesai dilanjutkan dengan ramah tamah.