RAMADHAN 1432 H

(Mon 01 August 2011)

Minggu, 31/7/11. Menjelang shalat maghrib Mesjid Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya dipadati oleh santriawan santriawati Pondok Pesantren Suryalaya serta Ikhwan dan Akhwan dari sekitar komplek Pondok Pesantren dan juga dari luar daerah. Ya..., malam ini merupakan malam pertama di Bulan Ramadhan 1432 H, Ikhwan dan Akhwan berdatangan ke Mesjid Nurul Asror untuk melaksanakan amaliah-amaliah di Bulan Suci ini seperti Shalat Sunat Tarawih berjamaah dan Tadarus Al-Quran..

Ikhwan dan Akhwat terlebih dahulu melaksanakan amaliah shalat maghrib, dzikir dan khataman berjamaah, setelah itu dilanjutkan dengan shalat isya, dzikir dan shalat sunat lidaf'il bala berjamaah. Selanjutnya sebelum pelaksanaan shalat sunat tarawih, sang imam, Ust. Cecep Aipulatif, S.Ag terlebih dahulu mengingatkan para jamaah tentang tata cara pelaksanaan shalat sunat tarawih. Sementara itu, di Madrasah pelaksanaan amaliah shalat sunat tarawih dipimpin oleh KH. Sandisi diikuti oleh keluarga dan sebagian ikhwan. Selesai melaksanakan shalat sunat tarawih beserta witirnya para ikhwan melaksanakan amaliah khataman berjamaah..

Tibanya bulan yang suci ini dimanfaatkan betul oleh para santri dan juga para ikhwan untuk memperbanyak amaliah sunat. Hal ini terbukti ketika selesai khataman berjamaah para santri dan para ikhwan tidak langsung pulang, tetapi mereka melaksanakan tadarus Al-Quran. Para santri yang melaksanakan tadarus Al-Quran ini dibagi ke dalam beberapa kelompok dan masing masing kelompok dipimpin oleh seorang ustadz. Sedangkan untuk para ikhwan pelaksanaan tadarus ini dilakukan dengan sistim bandungan dimana satu orang membaca Al-Quran dan yang lainnya mendengarkan sambil mengoreksi apabila terjadi kesalahan dalam membacanya. Pelaksanaan tadarus Al-Quran ini dilaksanakan sampai pukul 22.00 WIB..

Suasana Tadarus Al-Quran