PELAKSANAAN SHALAT SUNAT NISHFU SYA'BAN

(Sun 17 July 2011)

Tidak seperti hari-hari biasanya, menjelang shalat maghrib Mesjid Nurul Asror dipenuhi oleh ikhwan akhwat Thariqat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya dari sekitar komplek Pondok dan ada juga dari luar daerah. Mereka berdatangan guna melaksanakan salah satu amaliah Thariqat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali yaitu Shalat Sunat Nishfu Sya'ban. Y..., malam ini merupakan malam pertengahan di Bulan Sya'ban (Nishfu Sya'ban), sabtu, 14 Sya'ban 1432 H atau bertepatan dengan tanggal 16 Juli 2011 M, malam ditutupnya "buku catatan amal" setiap manusia satu tahun ke belakang dan dibuka kembali "buku catatan amal" yang baru untuk jangka waktu satu tahun ke depan..

Sebelum melaksanakan amaliah shalat maghrib, KH. Drs. Sandisi yang bertindak sebagai imam terlebih dahulu mengingatkan para ikhwan tentang tata cara pelaksanaan shalat sunat nisfu sya'ban. Menunggu waktu shalat maghrib tiba, para ikhwan membaca shalwat Bani Hasyim dipimpin oleh Ust. Kamaludin Koswara, S.Pd.I., yang sekaligus mengumandangkan adzan saat waktu shalat maghrib tiba. Setelah adzan berkumandang, para ikhwan terlebih dahulu melaksanakan shalat sunat qabliyah maghrib dilanjutkan dengan shalat maghrib dan dzikir berjamaah, shalat sunat ba'diyah maghrib, kemudian dimulailah shalat sunat nishfu sya'ban. Pelaksanaan shalat sunat nishfu baru sekitar 23 salam, waktu shalat isya sudah tiba, para ikhwan pun melaksanakan shalat isya dan dzikir berjamaah, kemudian melanjutkan kembali shalat sunat nishfu sampai selesai. Amaliah diakhiri dengan melaksanakan shalat sunat lidaf'il bala' yang biasa dilaksanakan setelah shalat isya, dan melaksanakan khataman secara berjamaah..

Pelaksanaan amaliah shalat sunat nishfu yang memakan waktu sekitar dua jam itu diikuti oleh sekitar 3000 ikhwan yang memadati mesjid sampai ke halamannya. Ada juga ikhwan yang mengikutinya di madrasah bersama keluarga dipimpin oleh KH. Zaenal Abidin Anwar. Setelah selesai melaksanakan amaliah para ikhwan kembali ke rumah masing-masing dengan harapan semoga segala amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan selalu ada dalam ridhaNya, Amin...

Para Ikhwan Yang Mengikuti Amaliah Shalat Sunat Nishfu Sya'ban Memadati Mesjid Sampai Halamannya