MEMPERINGATI NUZULUL QURAN 1445 H DAN PENUTUPAN KIROM XI

(Thu 28 March 2024)

suryalaya.org (28/03/2024). Tadi malam bertempat di Mesjid Nurul Asror, dalam rangka memperingati diturunkannya Kitab Suci Al-Quran atau lebih dikenal dengan Peringatan "Nuzulul Quran".
Kegiatan ini diikuti oleh Santriwan/Santriwati yang mengikuti kegiatan KIROM (Kifrah Romadhon) dari mulai tingkat SLTP dan SLTA.
Peringatan kali ini bertepatan pada hari Rabu malam Kamis tanggal 27 Maret 2024 / malam 17 Ramadhan 1445 H.

Sebelum Pelaksanaan Peringatan Nuzulul Quran, sore harinya sekitar pukul 17.30 WIB seluruh Santriwan/Santriwati yang mengikuti kegiatan KIROM sudah berkumpul di Serambi Mesjid untuk mengadakan buka puasa bersama.

Malam harinya setelah melaksanakan shalat isya, tarawih dan khotaman kemudian dilanjutkan dengan acara peringatan Nuzulul Quran. Peringatan ini di isi dengan Siraman Rohani yang disampaikan oleh Ustadz Aceng Durohman, S.Pd.I.

Al-Quran merupakan Kitab Suci yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Kitab Suci Al-Quran ini sangat dimuliakan oleh Allah Swt dan surat yang pertama kali diturunkan ialah surat Al- Alaq dari ayat 1 s/d 5 yang artinya Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu yang Maha Mulia. Yang mengajar manusia dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya .

Oleh karena itu, layaknya sebagai seorang muslim hendaklah memuliakan Kitab Suci Al-Quran tersebut dengan cara memperingatinya atau dibaca setiap hari walaupun hanya beberapa ayat saja atau lebih banyak lebih bagus, karena didalamnya terkandung banyak faedah dan manfaat bagi yang istiqomah membaca dan mengamalkannya.



Keesokan harinya, Kamis 28 Maret 2024 M bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1444 H. Kegiatan Kifrah Romadhan (KIROM) Pengajian Tradisional Pontren Suryalaya secara resmi ditutup.