Talkshow "EDUKASI INKLUSI KEUANGAN BAGI PONDOK PESANTREN"

(Thu 25 November 2021)

suryalaya.org. (Kamis, 25/11/2021). Hari ini Pondok Pesantren Suryalaya melalui LEMBAGA USAHA PERDESAAN (LUP) bekerjasama dengan ASISTEN DEPUTI KEUANGAN INKLUSIF DAN KEUANGAN SYARIAH KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN RI mengadakan Kegiatan EDUKASI INKLUSI KEUANGAN BAGI PONDOK PESANTREN.
Kegiatan ini mengusung Tema "SINERGI DAN KOLABORASI PROGRAM MENDUKUNG INKLUSI KEUANGAN PONDOK PESANTREN"
Peserta yang hadir mengikuti sekitar 300 orang dari seluruh lembaga-lembaga yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya. Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 - 14.30 WIB, dengan rangkaian acara sebagai berikut :
1. Pembukaan oleh MC Bapak Dudin Samsudin, S.Kom.I., M.Hum.
2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'anoleh Ustadz Kamaludin Koswara, S.Pd.I., M.Ag.
3. Menyanyikan Indonesia Raya
4. Sambutan dari Pimpinan Pondokyang diwakili oleh H. Edi Karman, S.Ag. (Selaku Sekretaris Umum Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya)
5. Sambutan dari Asisten Deputi Keuangan Inklusif d dan Keuangan Syariah disampaikan oleh Dr. Erdiriyo
6. Taklshow "Edukasi Inklusi Keuangan bagi Pondok Pesantren" yang dipandu oleh moderator Ustadz Nana Suryana, S.Pd., M.Ag., dengan nara sumber dari :
a. BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) dengan tema "Edukasi dan Sosialisasi Program Kemaslahatan BPKH" yang disampaikan oleh Dr. Rahmat Hidayat, SE., MT. selaku Anggota Badan Pelaksana Bidang Kesekretariatan dan Kemaslahatan.
b. BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) dengan tema "Sosialisasi KUR Syariah dan Program Kemitraan Pondok Pesantren yang disampaikan oleh Bapak Teguh Budianto selaku Departement Head KUR dan Program.
c. JAMKRINDO SYARIAH dengan tema "Program Edukadi dan Literasi Keuangan Penjamin Syariah bagi Ponpes" yang disampaikan oleh Bapak Tsabit Kodam selaku Kepala Bagian Bisnis Penjaminan.
d. ASKRINDO SYARIAH dengan tema "Program Edukasi dan Literasi Keuangan Penjaminan Syariah bagi Ponpes" yang disampaikan oleh Bapak Ibnu Wira Wardhana selaku Pimpinan Askrindo Syariah Tasikmalaya.
e. PEGADAIAN SYARIAH dengan tema "Invetasi Emas, Tabungan Emas Pegadaian Syariah" yang disampaikan oleh Bapak Ade Maman Abdurrohman selaku Marketing & Sales Plan Produk Gadai Tasikmalaya.
f. LPDB-KUMKM dengan tema "Edukasi Program Pembiayaan Koperasi bagi Pondok Pesantren" yang disampaikan oleh Bapak Agung Suryo selaku Pimpinan LPDB-KUMKM Regional Bandung.
7. Penyerahan Simbolis Progran Kemitraan, antara lain :
a. Simbolis Program Santripreneur dari Kementerian Perindustrian yang diberikan oleh Plt. Direktur Jenderal IKMA Ibu Reni kepada Drs. Yaya Sonjaya selaku Direktur Operasional LUP Pontren Suryalaya.
b. Simbolis Fasilitas Pengembangan Kewirausahaan Pemuda dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang diberikan oleh Bapak Muhammad Thoriq kepada Dr. Khozin Abdul Fatah, M.P. selaku Ketua Divisi Pemberdayaan Masyarakat, UMKM dan Penyuluhan Lapangan LUP Pontren Suryalaya.
c. Pemberian Cinderamata dari BPKH yang diberikan oleh Dr. Rahmat Hidayat, SE., MT. kepada Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya KH. Baban Ahmad Jihad S. B. Ar. dan kepada Deputi 1 Kemenko Perekonomian Dr. Iskandar Simorangkir, SE., MA
d. Simbolis Edukasi Sosialisasi Program Kemaslahatan BPKH kepada Akhmad Hidayat Nurul Akbar, SP. selaku Direktur Keuangan LUP Pontren Suryalaya.
e. Simbolis Penyaluran Pembiayaan KUR untuk Pesantren dan Lingkungannya dari BSI yang diberikan oleh Bapak Teguh Budianto kepada Nana Yusep, S.Kom.I., M.Sos. selaku PR LUP Pontren Suryalaya.
f. PKS Tabungan SIMPEL untuk Santri Pesantren Suryalaya dari BSI kepada Abdul Abas, S.Kom.I., M.Ag. selaku PR LUP Pontren Suryalaya.
g. MoU antara PT. PEGADAIAN SYARIAH cabang Padayungan dengan Pontren Suryalaya dan Pemberian Satu Unit Laptop kepada Pimpinan Pontren Suryalaya.
h. Penyerahan Pembukaan Tabungan Emas kepada para pimpinan lembaga di Pontren Suryalaya.
i. Pembukaan Agen Pegadaian Syariah untuk Pondok Pesantren Suryalaya.
j. Pendampingan LPDB-KUMKM kepada Koperasi HIDMAT Pontren Suryalaya.
k. Pemberian Edukasi dan Literasi Keuangan Penjaminan Syariah dari PT. JAMINAN PEMBIAYAAN ASKRINDO SYARIAH kepada Pontren Suryalaya.
8. Laporan Deputi 1 Kemenko Perekonomian RI sekaligus mewakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Bapak Dr. Iskandar Simorangkir, SE.,MA.
9. Pembacaan Do'a oleh Ustadz Agus Syamsul Basyar, M.M.Pd.

Setelah acara di Kampus Latifa Mubarokiyah, rombongan dari Kemenko Perekonomian beserta para mitra menuju ke Pondok Pesantren Suryalaya untuk beramah tamah dengan keluarga besar Pontren Suryalaya.
selepas Ashar rombongan menyempatkan untuk berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom, dan sekitar pukul 17.30 WIB rombongan meninggalkan Pontren Suryalaya.