IDUL ADHA 1442 H DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

(Tue 20 July 2021)

suryalaya.org, Selasa (20/07/2021). Bulan ini merupakan bulan yang bersejarah khususnya bagi umat Islam dibelahan dunia. Karena di bulan ini kaum muslimin dan muslimat akan melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu melaksanakan ibadah haji. Selain melaksanakan ibadah haji, pada bulan ini juga umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha yang pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021 M / 10 Dzulhijjah 1442 H.

Setelah melaksanakan sholat Isya, dzikir dan khotaman berjamaah, lantunan kalimat takbir pun berkumandang setelah Ustadz Cecep Aipullatif membacakan tawasul terlebih dahulu. Lantunan kalimat takbir ini di iringi dengan tabuhan bedug menggema yang dimainkan oleh anak-anak menambah semarak dan meriahnya hari raya kali ini. Kalimat takbir ini bersahut-sahutan dimana-mana mengajak kita untuk sejenak melakukan refleksi bahwa tidak ada yang agung dan tidak ada yang layak untuk disembah kecuali Allah Swt Pemilik Semesta Alam.

Lantunan kalimat takbir ini berkumandang sampai menjelang sholat shubuh tiba. Setelah melaksanakan sholat shubuh berjamaah di Mesjid Nurul Asror lantunan kalimat takbir pun di lanjutkan kembali yang di pimpin oleh Ustadz Kamaludin Koswara di ikuti oleh seluruh jamaah yang ada di Mesjid Nurul Asror tersebut hingga menjelang sholat sunat Isyroq, Isti-adah dan Istikhoroh.
Sekitar pukul 05.25 WIB pelaksanaan sholat sunat Idul Adha pun dimulai dan yang bertindak sebagai Imam dan Khotib pada tahun ini ialah KH. Sandisi.

Setelah pelaksanaan shalat sunat ied dengan khutbahnya, para jamaah langsung pulang ke rumahnya masing-masing dikarenakan pada saat ini tidak dilaksanakan mushafahah.
Di Pondok Pesantren Suryalaya juga melaksanakan penyembelihan Hewan Qurban dari para ikhwan yang menitipkan Qurbannya di Pontren Suryalaya.



Penyembelihan Hewan Qurban dan distribusinya