UPGRADING TASAWUF DAN LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN PEMUDA GENERASI MUDA PUSAT PONDOK PESANTREN SURYALAYA

(Sat 13 July 2019)

suryalaya.org, Kamis (11/07/2019). Guna memberikan pembakalan kepada para calon Pengurus Pusat Generasi Muda Pontren Suryalaya, maka Pondok Pesantren Suryalaya melaksanakan kegiatan "Upgrading Tasawuf dan Latihan Dasar Kemepimpinan Pemuda".
Kegiatan Upgrading bagi para calon Pengurus Pusat GMPS ini dilaksanakan selama dua hari dari hari Kamis - Jumat tanggal 11 - 12 Juli 2019 M / 8 - 9 Dzulqodah 1440 H yang bertempat di Serambi Mesjid Nurul Asror.

Acara pembukaan Upgrading GMPS dilaksanakan pada hari Kamis dimulai pukul 08.00 WIB dengan dibuka secara resmi oleh Pengemban Amanah Sesepuh Pontren Suryalaya KH. Zaenal Abidin Anwar Adapun Susunan Acara Pembukaan Upgrading GMPS, yakni :
1. Pembukaan oleh MC (Ust. Aceng Wandi Wahyudin, S.Sos.I., M.A.)
2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Ust. Ust. Ahid Gunawan, S.Pd.I.
3. Pembacaan Tanbih oleh Ust. Nana Yusep, S.Kom.I., M.Sos.
4. Pembacaan Tawasul oleh Ust. Abdul Abas, S.Kom.I., M.Ag.
5. Laporan Ketua Panitia oleh Dr. Muhammad Kodir, M.Si.
6. Arahan sekaligus Membuka secara resmi oleh KH. Zaenal Abidin Anwar
7. Pembacaan Doa oleh Ust. Maman Suparman, S.Ag.



Setelah acara pembukaan selesai, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi-materi Upgrading yang disampaikan dalam beberapa sesi, yaitu :

  • Sesi I dengan materi "Urgensi Tasawuf/Tarekat Dalam Kehidupan" yang disampaikan oleh Dr. H. Cecep Alba, MA.
  • Sesi II dengan materi "Kewirausahaan" yang disampaikan oleh Drs. Yaya Sonjaya, M.Si.
  • Sesi III dengan materi "Amalan TQN Pontren Suryalaya : Talqin, Dzikir, Khataman, Manakiban dan Riyadhah" yang disampaikan oleh Dr. H. Suhrowardi, M.Ag.
  • Sesi IV dengan materi "Pengenalan Organisasi, Kepemiminan dan Manajemen Konflik" yang disampaikan oleh Dr. H. Ajid Thohir, M.Ag.
  • Sesi V dengan materi "Unsur-Unsur, Administrasi dan Manajemen/Tata Kelola Organisasi" yang disampaikan oleh Syahril Kholil, MM.
  • Sesi VI dengan materi "Aturan Hukum Organisasi, Rapat, Keprotokolan dan Persidangan" yang disampaikan oleh H. Mahpudin, Sh., MM., M.Not.
  • Sesi VII dengan materi "Ke-Suryalaya-an : Sejarah dan Perkembangan" yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Kodir, M.Si.



Acara pemberian materi disampaikan oleh nara sumber yang kompeten di bidangnya, dimulai dari hari kamis pukul 09.00 - 21.45 WIB kemudian penyampaian materi pun dilanjutkan pada hari kedua hari Jumat dari pukul 08.00 - 14.00 WIB.

Kemudian sampailah pada acara penutupan kegiatan Upgrading GMPS. Acara penutupan kegiatan Upgrading GMPS dimulai pukul 14.15 WIB yang ditutup secara resmi oleh sekretaris Pontren Suryalaya KH. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. dengan pemberian Sertifikat kepada para peserta Upgrading. kemudian dilanjutkan foto bersama