KUNJUNGAN KERJA MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN RI Ibu Dr. (HC) Susi Pudjiastuti KE PONDOK PESANTREN SURYALAYA

(Wed 10 April 2019)

Suryalaya.org. Rabu (10/04/2019). Pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB , Pondok Pesantren Suryalaya kedatangan Tamu dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yakni Ibu Dr. (HC) Susi Pudjiastuti, Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Dr. Ir. Rina, M.Si., Direktur Jendreal Perikanan Budidaya Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si. beserta rombongan dari Kantor Kelautan dan Perikanan lainnya. Beliau untuk pertama kalinya bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Suryalaya.

Menteri Kelautan dan Perikanan beserta Rombongan datang ke Pontren Suryalaya dalam rangka rangkaian Kunjungan Kerja ke daerah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat.
Untuk Kunjungan Kerja di Kabupaten Tasikmalaya salah satunya ke Pondok Pesantren Suryalaya.
Rombongan Ibu Susi datang ke Suryalaya melalui jalur darat berangkat dari Kota Tasikmalaya menggunakan BIS.
Rombongan tiba di Pontren Suryalaya langsung menuju madrasah yang disambut langsung oleh Pimpinan Pontren Suryalaya KH. Zaenal Abidin Anwar, serta Keluarga Besar Pontren Suryalaya.

Setelah sejenak berbincang dengan Keluarga Besar Pontren Suryalaya, kemudian dilanjutkan dengan Acara "SILATURAHMI DENGAN SANTRI", yang dimulai pukul 10.00 WIB bertempat di halaman madrasah Pontren Suryalaya.
Adapun susunan acaranya sebagai berikut :
1. Pembukaan oleh MC Ust. Dudin Syamsudin, M.Ag.
2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Ust. Kamaludin Koswara, M.Ag.
3. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
4. Sambutan dari Pimpinan Pontren Suryalaya yang disampaikan oleh KH. Zaenal Abidin Anwar
5. Arahan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Dr. (HC) Susi Pudjiastuti
6. Penyerahan Bantuan secara simbolis dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI kepada Pondok Pesantren Suryalaya
7. Penyerahan cinderamata dari Pontren Suryalaya kepada Ibu Menteri
8. Foto Bersama
9. Doa disampaikan oleh KH. Sandisi
10. Tutup
11. Makan Bersama

Dalam arahannya Ibu Menteri menegaskan akan pentingnya kesadaran kita semua untuk memelihara perairan kita, terutama kelangsungan kehidupan ikan diperairan Indonesia.
Beliau juga mengharapkan kepada kita semua agar menjaga kebersihan khususnya dilingkungan kita masing-masing, umumnya agar tidak membudayakan membuang sampah (khususnya sampah plastik) ke perairan Indonesia.

Adapun bantuan yang diserahkan dari Menteri Kelautan dan Perikanan kepada Pontren Suryalaya berupa 1 Ton Ikan segar konsumsi, 24 lubang paket Budidaya Nila Bioflok serta 1 Ton Pakan Mandiri.
Ibu Menteri menyampaikan semoga bantuan yang diberikan kepada Pontren Suryalaya dapat bermanfaat dan dapat berlanjut menjadi semua kegiatan ekonomi dalam bidang perikanan.

Selain berkunjungan dan untuk mengenal lebih dekat Pontren Suryalaya, Beliau juga minta doanya dari Keluarga Pondok untuk kemaslahatan didalam melaksanakan tugas negaranya.
Setelah selesai acara Silaturahmi bersama Santri, kemudian Ibu Menteri beserta rombongan menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh keluarga.
Selesai makan siang, Beliau menyempatkan untuk berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom. Selesai berziarah rombongan Ibu Menteri , kemudian berpamitan untuk menuju tempat tugas selanjutnya.