PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN DAN PENUMBUHAN WIRAUSAHA BAGI IKM JASA PERBENGKELAN RODA DUA DI PONTREN SURYALAYA - TASIKMALAYA TAHUN 2018 KAMIS – SENIN, 1 - 5 MARET 2018

(Thu 01 March 2018)

Suryalaya, Kamis (01/03/2018). Dalam upaya pelaksanaan program Santripreneur, yang bertujuan mendorong penumbuhan wirausaha industri baru di lingkungan Pondok Pesantren diantaranya melalui Santri Berindustri dan Santri Berkreasi.
Program Santri Berindustri memperhatikan unit industri yang telah ada dan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Pondok Pesantren yang terdiri dari santri dan alumni santri.
Implementasi model Santri Berindustri perlu dilakukan melalui program pengembangan unit industri yang telah dimiliki oleh Pondok Pesantren maupun penumbuhan unit industri baru yang potensial. Langkah ini diharapkan dapat mendorong unit industri tersebut menjadi tempat magang pada SDM di lingkungan Pondok Pesantren.
Untuk merealisasikan program-program tersebut Lembaga Usaha Perdesaaan (LUP) Pondok Pesantren Suryalaya berusaha untuk bekerjasa dengan berbagai instandi di pemerintahan yang menunjang pada program tersebut.

Untuk pertama kalinya Lembaga Usaha Perdesaaan (LUP) Pondok Pesantren Suryalaya menyelenggarakan pelatihan yang ditujukan untuk para santri bekerjasama dengan Direktorat IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.
Pelatihan kali ini yaitu "BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN DAN PENUMBUHAN WIRAUSAHA BAGI IKM JASA PERBENGKELAN RODA DUA" yang ditujukan khususnya bagi para alumni dan santri SMK Plus YSB POntren Suryalaya.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 1 - 5 Maret 2018.

Acara Pembukaan BIMTEK dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 1 Maret 2018 mulai pukul 13.00 WIB di Halaman Madrasah Pontren Suryalaya. Acara Pembukaan dihadiri oleh Rombongan dari Dirjen IKM, Dinas Perindustrian Kab. Tasikmalaya, Pengurus LUP, Yayasan Serba Bakti, Koperasi HIDMAT serta lembaga Pendidikan Formal dan Non Formal di lingkungan Pontren Suryalaya
Rombongan Dirjen IKM tiba di Pondok Pesantren Suryalaya sekitar pukul 13.30 WIB dan disambut langsung di madrasah oleh H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. selaku Sekretaris Pontren Suryalaya. Rombongan dipersilahkan untuk beristirahat sebelum acara dimulai.
Adapun susunan Acara Pembukaan BIMTEK tersebut :

  1. Pembukaan oleh MC
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
  3. Pembacaan Tanbih
  4. Pembacaan Tawasul
  5. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  6. Sambutan-sambutan
    • dari Pondok Pesantren Suryalaya yang disampaikan oleh H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar.
    • dari Dinas Perindustrian yang disampaikan oleh Drs. H. Heri Sogiri.,MM
    • dari Direktur Industri Kecil dan Menengah Direktorat Industri Logam, Mesin, Eelektronika dan Aalat Angkut Kementrian Perindustrian RI yang disampaikan oleh Ibu Ir. Endang Suwartini M.Sc. sekaligus membuka secara resmi kegiatan BIMTEK ini.
  7. Serah Terima Hibah bantuan peralatan Perbengkelan roda dua (secara simbolis) Dari Ditjen IKM ke Dinas Perindustrian Kab.Tasikmalaya yang diserahkan ke Pontren Suryalaya serta Pemberian Cideramata dari Pontren Suryalaya kepada Ditjen IKM dan Dinas Perindustrian Kab. Tasikmalaya.
  8. Doa /Tutup

Selesai Acara Pembukaan BIMTEK sesi kesatu hari pertama dilaksanakan dengan materi "Wawasan kebangsaan" dengan nara sumber dari LEMHANAS yang disampaikan oleh Bp. Kisnuharyo SH, MA dan pada sesi kedua malam harinya diisi dengan materi kepesantrenan yang disampaikan oleh Dr. M. Kodir, M.Sc.