UPGRADING I ANGKATAN KE-31 LEMBAGA DAKWAH THOREQAT QODIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH (LDTQN) DALAM RANGKA PESANTREN SARJANA IAI DAN STIE LATIFAH MUBAROKIYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA

(Mon 16 October 2017)

Suryalaya, Sabtu (14/10/2017). Kegiatan Pesantren Sarjana merupakan salah satu rangkaian kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh para calon sarjana yang akan diwisuda. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk membekali mahasiswa dan mahasiswinya supaya nanti dapat mengamalkan ilmu yang diperolehnya di masyarakat luas. Oleh karena itu sebagai mahasiswa yang berpendidikan harus mampu trampil dan kreatif dalam mengembangkan ilmunya sehingga nanti akan mendapatkan kepuasan dalam diri sendiri setelah mengamalkan ilmunya baik di dunia pendidikan, masyarakat luas dan lain sebagainya.
Kegiatan Pesantren Sarjana kali ini dari pihak Kampus Latifah Mubarokiyah menyerahkan untuk pembekalan calon sarjana tersebut kepada LDTQN Pontren Suryalaya. Hal ini dilakukan agar para calon sarjana tersebut lebih mendalami TQN Pontren Suryalaya baik secara ilmiah maupun secara amaliyahnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia kegiatan yang mengikuti Upgrading I Angkatan Ke-31 ini sekitar 148 calon sarjana yang terdiri dari mahasiswa IAILM dan STIELM.
Kegiatan Upgrading I Angkatan Ke-31 ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 14 - 15 Oktober 2017, yang berlangsung di Serambi Mesjid Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya.
Acara Upgrading ini dibuka sekitar pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. selaku Dewan Pembina LDTQN Pontren Suryalaya.

Selama mengikuti kegiatan Pesantren Sarjana, para peserta diajak untuk mengamalkan amaliah TQN Pondok Pesantren Suryalaya, mulai dari Talqin Dzikir, Sholat Malam, Sholat Fardhu berjamaah, dzikir, khataman, Manaqiban dan shalat sunat lainnya. Ziarah ke makam Abah Sepuh ke Makam Abah Anom, juga bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Pondok Pesantren Suryalaya.

Berikut materi dan nara sumber kegiatan pada Upgrading I Angkatan Ke-31 :
  1. Sholat-Sholat Sunat Syekh Mursyid dan Riyadoh TQN Pontren Suryalaya : Dr. H. Suhrowardi, M.Ag.
  2. Ziarah dab Tahlil TQN Pontren Suryalaya : KH. Beben Muhammad Dabbas
  3. Pembiayaan Bisnis Lewat Perbankan dan E-Commerce : Argogung Murba Putranta (Pimpinan Cabang BRI Tasikmalaya)
  4. Dakwah TQN Pontren Suryalaya : Dr. Muhammad Kodir, M.Si.
  5. Dzikir, Khotaman dan Manakiban TQN Pontren Suryalaya : Drs. KH. Sandisi
  6. Wawasan Kebangsaan : Dr. H. Asep Salahudin, M.Ag.
  7. Kesuryalayaan : H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar.