PELAKSANAAN SHALAT SUNAT NISFU SYABAN 1438 H DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA

(Thu 11 May 2017)

Suryalaya, (11/05/2017). Syaban adalah bulan kedelapan dalam penanggalan bulan Hijriyah. Keistimewaan bulan ini terletak pada pertengahannya yang biasa disebut dengan Nisfu Syaban. Secara harfiyah istilah Nisfu Syaban berarti hari atau malam pertengahan bulan syaban. Pelaksanaan shalat sunat Nisfu Syaban kali ini, bertepatan dengan tanggal 11 Mei 2017 (malam 15 Syaban 1438 H).

Shalat sunat nisfu syaban ini setiap tahunnya selalu dipenuhi oleh Ikhwan/Akhwat Tarekat Qodiriyah Pondok Pesantren Suryalaya dari berbagai daerah, mereka berbondong-bondong berangkat dari rumahnya masing-masing agar bisa melaksanakan shalat sunat nisfu syaban di Pondok Pesantren Suryalaya. Shalat sunat nisfu syaban ini dilaksanakan bada maghrib yang jumlahnya 100 rakaat 50 salam dan setiap rakaat setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas 10 kali.

Imam pada pelaksanaan shalat sunat nisfu syaban kali ini oleh KH. Sandisi. Sebelum melaksanakan shalat sunat tersebut, beliau menyampaikan pengumuman terlebih dahulu kepada seluruh Ikhwan/Akhwat TQN Pondok Pesantren Suryalaya yang ada di mesjid Nurul Asror dan sekitarnya mengenai tata cara pelaksanaannya dari mulai niat sampai bacaannya.

Pada malam pertengahan bulan syaban ini, ditutuplah "Buku Catatan Perjalanan Hidup" setiap manusia dan diganti dengan catatan amal atau lembaran buku yang baru untuk tahun yang akan datang. Kita berharap, dengan melaksanakan shalat sunat nisfu syaban ini, catatan amal hidup kita semua selama setahun diterima menjadi amal kebaikan dan mendapatkan Ridho-Nya. Keterangan melaksanakan shalat sunat nisfu syaban ini tercantum dalam kitab Ghoniyyah yang dikarang oleh Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani keturunan Hasan bin Ali.